Header Ads

Menggunakan Blogger, Wordpress, Atau Buat Sendiri Web PHP.?

sumber :http://islamalternatif.com

Ngeblog, atau menulis artikel di web sendiri sudah sangat wajar saat ini. Karena kemajuan jaman para citizen atau masyarakat pada umumnya sudah mulai beralih dari surat kabar cetak ke bentuk digital baik melalui portal berita ataupun blog-blog lainnya. 

Namun semakin banyaknya antusias itu malah tidak di dukung oleh pembuat artikel digital yang baik di karenakan masih tertunda di kemampuan untuk mengelola web itu sendiri baik kurang mengerti bahasa pemrograman nya maupun bingung mau menulis aa di web nya nanti seperti itu. 

sejak 5 tahun terakhir ada beberapa flatform yang menyediakan tempat para penyedia kontent digital untuk berkreasi baik itu gratis maupun berbayar. Dari kesemu itu ada sedikitnya 3 jenis yang mendominasi menurut versi penulis yaitu BLOGGER dari google, WORDPRESS, dan membuat scrip sendiri dengan php dan hosting. 

untuk pemula rata-rata memilih blogger kenapa.?, karena di nilai paling mudah dan gratis dengan tingkat penyimpanan hingga 15 gb tanpa syarat khusus serta bisa meng custom sendiri domainnya. kelemahannya apa, blogger ini memiliki keterbatasan di media data basenya karena kita tidak memiliki hak ke database nya sehingga kita tidak bisa berkreai lebih seperti membuat formlogin multi login, membuat aplikasi dengan php, dan lainnya. 

wordpress tentu yang ini adalah alternatif yang kedua. kebanyakan pengguna blogger sebelumnya akan berpindah ke wordpress setelah memiliki banyak pengunjung dan kelebihan artikel nya. mereka bermigrasi ke wordpress karena ingin meningkatkan kualitas web nya itu sendiri baik tampilan, akses databasenya, dan mengubah program yang ada karena wordpress memiliki akses untuk data base bagi pemilik web nya. kelemahannya adalah wordpress harus memiliki hosting sedniri jika kita mau mengakses semua data web kita jikatidak hsoting sendiri maka  sama hal nya seperti blogger dari google. biaya hosting lumayan untuk wordprees serta beberapa fitur wordpress harus berbayar. 

terakhir adalah membuat sendiri scrip web nya dengan bahasa pemrograman yang umum seperti PHP, HTML, CSS, JS dan lainnya yang dinilai lebih hemat dari segi desain web nya samapi hsoting nya nanti serta memiliki hak akses kesemua data base serta script web nya. namun memiliki kelemahan gambapng di bajak jika tidak dikemas dengan baik kode nya serta update script nya harus manual. 

begitulah kira-kira penjelasannya tap penulis masih setia dengan blogger karenalabih hemat dan efisien begitu aja.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.